Cara membuat Boba sendiri di Rumah

Cara membuat Boba sendiri di Rumah

cara-membuat-boba

Di Indonesia kini terdapat berbagai varian minuman segar yang di beri tambahan boba di dalamnya. Minuman yang di beri topping boba sangat di minati oleh berbagai kalangan, khususnya anak muda. Berbagai gerai minuman dengan berbagai merek dagang yang menyajikan minuman boba pun kian menjamur.

Namun, tahukah anda apa itu Boba? Boba merupakan bola-bola kenyal yang terbuat dari tepung tapioka. Di beberapa tempat, boba disebut sebagai tapioca pearl. Keistimewaan dari boba bukanlah dari rasanya, melainkan dari teksurnya yang kenyal. Boba yang berkualitas baik memiliki konsistensi tekstur yang terasa membal.

Tekstur inilah yang menjadikan orang-orang menjadi ketagihan. Kualitas boba drink dapat dinilai dari seberapa banyak daya kenyal yang di hasilkan. Biasanya boba yang baik kerap di sebut QQ yang berarti kenyal dalam Bahasa china.

Boba sendiri memiliki berbagai varian jenis dan ukuran yang berbeda-beda. Namun yang paling banyak di gunakan biasanya black boba atau boba hitam. Black boba adalah boba bening yang diberi campuran gula karamel.

cara-membuat-boba

Gula caramel itulah yang membuat warna boba menjadi berwana gelap yang sedikit pekat. Karena di beri campuran caramel, maka black boba akan menghasilkan rasa manis yang tipis ketika di konsumsi. Black boba sangat cocok di padukan dengan milk tea.

Anda bisa membeli boba instan untuk ditambahkan kedalam minuman anda. Biasanya boba instan banyak di temukan di beberapa supermarket besar atau di toko online. Namun, Anda bisa mencoba untuk membelinya sendiri lho.

Yuk simak cara membuat boba sendiri di rumah ala wiratech Bandung

Bahan yang perlu di siapkan :

  • 300 Gram Tepung tapioka untuk adonan
  • 50 gram Tepung tapioca untuk membalut
  • 100 ml Air Panas (tambahkan bila terlalu lengket)
  • 1/4 sendok teh garam
  • Karamel cair (dari gula merah)
  • Air untuk merebus secukupnya
  • Air dingin untuk merendam secukupnya

Cara membuat boba :

Campur tepung tapioka ke dalam wadah yang lebar. Kemudian tuangkan air panas sedikit demi sedikit kedalam wadah. Setelah itu aduk adonan boba yang telah di beri air panas kemudian beri tambahan Karamel cair secukupnya hingga boba berwarna pekat.

Jika adonan terasa keras, tambahkan kembali air panas. Namun jika terasa lembek, tambahkan tepung tapioca. JIka adonan sudah tercampur rata serta teksturnya kalis dan mudah di pulung, maka adonan siap di bentuk.

Untuk mempermudah proses pembentukan, serta menyelaraskan ukuran boba, bagilah adonan menjadi beberapa bagian. Bentuk adonan menjadi silinder memanjang pada masing-masing bagian adonan dengan diameter sesuai keinginan. Kemudian Potong adonan dengan ukuran yang sama besar.

Setelah itu, Adonan yang telah di potong di bentuk bulat seperti kelereng. Bentuk semua potongan tersebut hingga habis. Kemudian masukan adonan yang telah di bentuk bulat kedalam wadah yang berisi tepung tapioka kering. Pastikan bulatan tersebut terbalut rata oleh tepung tapioka.

Setelah itu pindahkan adonan bulat tersebut kedalam wadah bersih. Anda bisa menggunakan ayakan untuk mempermudah proses pengambilan adonan boba dari wadah tepung tapioka. JIka telah selesai anda dapat langsung merebus adonan atau mengeringkan adonan boba menggunakan food dehydrator.

Biasanya boba yang dikeringkan cocok untuk di jual kembali. Namun jika anda ingin langsung mengkonsumsi boba, anda bisa langsung merebusnya dan menyimpannya dalam kulkas.

Cara memasak Boba :

Pertama-tama siapkan air dalam panci yang cukup besar untuk merebus boba. Panci yang besar dapat mencegah boba menempel satu sama lain. Rebuslah boba dengan api kecil hingga cukup empuk, biasanya boba yang telah empuk akan mengambang kedalam air.

Siapkan air dingin dalam wadah lebar. Kemudian angkat boba yang telah di rebus ke dalam air dingin hingga boba berubah menjadi pekat lalu tiriskan. Boba yang anda buat kini bisa langsung anda nikmati lho.

Anda bisa memasukan boba buatan anda sendiri kedalam berbagai minuman favorit anda. Seperti Milk tea, Juice, Frape, atau bahkan soda. Selain itu, boba yang anda buat juga bisa jadi peluang bisnis. Anda bisa memulai usaha berjualan boba instan bagi para pedagang minuman.

Melihat begitu banyaknya pedagang minuman yang menggunakan boba dalam racikannya, tentu kebutuhan boba pun akan semakin tinggi. Sangat potensial bukan?

Jika anda ingin memulai berjualan boba instan, Anda cukup membuat boba dalam jumlah yang banyak. Kemudian, agar boba yang anda buat tidak basi, anda bisa mengeringkan boba tersebut dengan menggunakan food dehydrator.

Setelah boba kering sempurna, agar lebih tahan lama anda bisa memvacuum boba hasil produksi anda menggunakan vacuum sealer. Boba buatan rumah pun kini bisa anda pasarkan secara luas dan menghasilkan profit yang tinggi.

Tertarik mencoba?

(Inke)