Cobain Yuk 20 Jenis Bakso Unik Di Indonesia Yang Lagi Viral

jenis bakso

20 Jenis Bakso Unik Di Indonesia Yang Lagi Viral

Ngomongin soal bakso, emang ga ada matinya ya Wirasob. Apalagi bakso sudah menjadi makanan favorit di negeri kita tercinta Indonesia. Bahkan tiap daerah di Indonesia memiliki jenis bakso khas masing-masing yang menggugah selera.

Padahal jika kita menilik dari sejarah, Bakso sebenarnya bukan makanan Asli Indonesia lho. Bakso merupakan makanan khas tiongkok. Hal ini terlihat dari penamaan bakso yang berasal dari Bahasa hokkien. Secara harfiah Bakso memiliki arti makanan yang berasal dari daging giling.

Pada umumnya Bakso terbuat dari campuran daging sapi giling, tepung tapioka, serta rempah-rempah. Namun tak jarang bakso juga di buat dari daging ayam, ikan, babi, bahkan daging kerbau.

Bakso biasa di sajikan dengan kuah kaldu serta di campur mie, bihun/Soun. Penyajiannya pun biasa ditambahkan Tahu, SIomay, sawi, bawang goreng serta seledri.

Namun tahukah anda bahwa kini bakso di sajikan dengan cara yang berbeda? Seperti di tambahkan aneka topping serta memiliki warna unik yang terlihat hype. Jenis jenis bakso ini tentunya menarik untuk kita coba ya. Mau tau Jenis bakso unik yang lagi viral di Indonesia? Yuk kita simak di bawah ini :

  1. Bakso Beranak

Bakso Beranak mulai popular sejak setahun terakhir. Jenis Bakso satu ini merupakan inovasi dari salah satu kedai bakso di daerah Bogor. Kemudian mulai menjalar ke berbagai kota besar di Indonesia.

Dinamakan bakso beranak karena jika anda membelah bakso tersebut, maka anda akan menemukan beberapa butir bakso kecil di dalamnya. Mirip seperti dokter yang sedang operasi Caesar saja ya jika kita menyantap bakso tersebut.

  1. Bakso Tumpeng
Source: kumparan

Bakso ini memiliki bentuk yang unik sebab tidak berbentuk bundar seperti bakso pada umumnya. Anda akan menemukan bakso tumpeng dengan bentuk kerucut yang menggunung. Dan jika anda membelah bakso tersebut, anda akan menemukan isian berupa telur.

Penyajiannya sebenarnya sama dengan bakso pada umumnya. Yakni di siram kuah kaldu serta di beri tambahan mie atau bihun. Anda bisa menambahkan saos cabai dan kecap untuk menambah cita rasa dari bakso ini

  1. Bakso Tomat
Source: Detikfood

Jika anda bosan dengan bakso yang itu-itu saja, Berarti anda harus mencoba jenis bakso yang satu ini. Bakso tomat adalah bakso yang di balut dengan tomat utuh yang segar.

Cita rasa adonan bakso yang gurih di padu dengan rasa tomat yang segar menghasilkan rasa yang unik dan menggoyang lidah. Selain itu, bakso tomat di nilai lebih sehat. Karena memiliki kandungan lycopene dari tomat dapat membantu mencegah berbagai penyakit kardiovaskuler

  1. Bakso Keju
Source: IDNtimes

Jika anda adalah penggemar keju, anda wajib mencoba bakso satu ini. Bakso keju sangat di gandrungi oleh para kawula muda. Dengan rasanya yang gurih, creamy serta lumer benar-benar sangat menggugah selera.

Aroma Khas keju akan langsung tercium ketika anda membelah bakso keju. Anda akan dibuat ketagihan dengan tekstur serta baso isi keju. Yuk Cobain!

  1. Bakso mercon
Source: pikdo

Nah jenis bakso satu ini adalah bakso khusus bagi pecinta Kuliner pedas. Jika biasanya bakso di beri isian daging cincang, urat, telur atau keju, Bakso yang satu ini diberi isian yang cukup ekstrim yakni Cabai.

Dengan isian berupa daging dan cabai yang di ulek kasar tentunya dapat membuat keringat anda bercucuran ketika menyantapnya. Begitu bakso di belah anda akan melihat cabai yang berlimpah, selain itu aroma khas cabai akan menyeruak saat di sajikan.

  1. Bakso iga
Source: bisnis wisata

Ingin mencoba bakso dengan topping istimewa? Anda wajib mencoba bakso iga. Daging iga dikenal dengan tekturnya yang sangat lembut dan rasanya yang istimewa. Sehingga jika di padukan dengan bakso akan menambah cita rasa Bakso itu sendiri.

Bakso iga sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bakso yang sering kita lihat hanya saja yang membedakan antara bakso pada umumnya dengan bakso iga ini adalah menambakan daging iga di dalam bakso dan juga menambahkan tulang iga.

  1. Bakso Bambu Runcing
Source: travelingyuk

Bakso bambu runcing adalah salah satu kuliner yang sangat unik. Bakso ini berasal dari salah satu kedai bakso di kota Jepara. Pembuatan bakso ini menggunakan moulding atau cetakan yang berbentuk bambu runcing.

Jika dulu bambu runcing digunakan para pahlawan untuk melawan para penjajah. Bakso bambu runcing siap melawan rasa lapar anda. Jika mencicipi bakso yang satu ini bikin kita ingin berteriak MERDEKA!!

  1. Bakso gepeng
Source: openrice

Jika jaman dulu ada urban legend hantu mister gepeng, sekarang muncul makanan viral Bakso Gepeng. Bakso gepeng adalah bakso sapi yang memiliki bentuk yang pipih. Teksturnya kenyal dan begitu fenomenal.

Jenis bakso yang satu ini bisa anda temukan di beberapa gerai bakso terkenal di Indonesia. Bakso Gepeng juga bisa menjadi topping ramen maupun tambahan steamboat. Selain itu, bakso gepeng mulai banyak di jual dalam bentuk frozen food juga.

  1. Bakso tenis
Source: kulinermagelang

Mau makan bakso sampai kenyang? Yuk cobain bakso tenis. Bakso tenis merupakan bakso jumbo yang memiliki ukuran sebesar Bola tenis. Cukup makan satu porsi bakso tenis, maka anda akan kenyang seharian.

  1. Bakso Bakar
Source: busy.org

Bakso bakar merupakan sebuah inovasi dalam menyajikan bakso. Jika biasanya bakso di siram kuah kaldu, maka bakso bakar diolah dengan cara di bakar terlebih dahulu.

Cara penyajian bakso bakar cukup unik, yakni dengan di tusuk-tusuk terlebih dahulu sebelum di bakar. Sepintas memang mirip sate, namun yang membedakan adalah bumdu oles yang di gunakan. Bakso bakar biasanya di beri olesan bumbu berupa campuran saus cabai eksta pedas, saus tomat, saus barbeque, dan kecap manis.

Rasa Pedas, Gurih, harum khas daging bakar menjadi satu. Benar-benar menggugah selera ya.

  1. Bakso kerikil
Source: ugetuget

Bakso kerikil merupakan bakso yang berasal dari kota Magelang. Di sebut Bakso kerikil dikarenakan bentuknya kecil dan mirip seperti kerikil. Dalam satu porsi bakso kerikil anda akan menemukan banyak bakso berukuran mini yang cukup melimpah.

Untuk cara penyajian sama saja seperti bakso pada umumny. Yakni di siram dengan kuah kadu panas serta di beri taburan bawang goreng serta seledri. Harga yang di tawarkan cukup murah, yakni sekitar 8 ribu hingga 20 ribuan saja.

  1. Bakso Sarang Burung
Source: Hipwee

Meskipun namanya cukup nyentrik namun rasa dari bakso sarang burung patut diacungi Jempol. Bakso yang memiliki campuran sayuran di dalam adonannya, sangat cocok di santap untuk makan siang anda.

Sayur yang di gunakan sebagai campuran adonan bakso cukup beragam. Yakni kol, wortel, jamur kuping, dll. Bakso ini juga bisa menjadi bahan pelengkap sop dan capcay lho. Biasanya bakso sarang burung dijual dalam bentuk frozen food.

  1. Bakso Goreng Penyet
jenis-bakso
Source: cookpad

Kini bukan Cuma ayam goreng saja yang bisa di penyet, Tapi bakso juga. Penyajian bakso penyet biasanya  di atas cobek dengan di bubuhkan sambal khas Jawatimuran.

Bakso akan di goreng terlebih dahulu sebelum di penyet, hal ini menjadikan tekstur bakso menjadi sedikit garing dan renyah. Selain itu, anda bisa memesan bakso goreng penyet dengan tingkat kepedasan yang bisa di sesuaikan dengan selera anda.

  1. Bakso Jamur
jenis-bakso
Source: taiwantrade

Anda adalah seorang vegetarian namun ingin mencicipi nikmatnya bakso? Coba bakso jamur saja. Bakso jamur merupakan alternative kuliner bagi para vegetarian. Rasa jamur yang kenyal dan gurih dianggap dapat menggantikan daging sapi dalam pembuatan bakso.

Untuk tekstur baksonya sendiri memang lebih empuk dari pada bakso daging sapi pada umumnya. Namun jangan khawatir, soal rasa tidak kalah nikmat dengan baso daging lainnya.

  1. Bakso Merapi
jenis-bakso
Source: dejogjaadventure

Bakso merapi merupakan bakso yang berbentuk seperti gunung berapi dan di beri sambal di atas nya. Di dominasi rasa gurih, pedas dan manis yang menggigit serta bikin ketagihan. Daging dari bakso inipun cukup padat sehingga teksturnya kenyal.

  1. Bakso Mangkok
Source: kokibakso

Makan bakso dalam mangkok yang terbuat dari adonan bakso? Unik sekali ya Wirasob. Sesuai dengan namanya, adonan bakso akan di bentuk cekung dan menyerupai sebuah mangkok.

Dalam cekungan tersebut bakso mangkok akan di isi dengan bakso-bakso yang berukuran keci, mie, serta bahan pelengkap lainnya. Kemudian di siram dengan kuah kaldu yang penuh dengan rempah khas.

  1. Karedok Bakso
Source: picimon

Karedok bakso merupakan sebuah inovasi yang memadukan bakso dengan bumbu karedok. Karedok sendiri adalah kuliner khas sunda yang telah popular sejak dulu.

Jika Karedok pada umumnya menggunakan berbagai jenis sayuran, maka untuk karedok bakso sayuran akan di ganti dengan bakso goreng. Rasa bakso goreng yang gurih dan renyah dipadukan dengan bumbu karedok yang pedas dan manis menjadikan karedok bakso banyak di gemari.

Sebelum di goreng biasanya bakso akan di iris iris memanjang. Kemudian setelah itu bakso yang telah di goreng akan sedikit di geprek dengan bumbu kacang.

  1. Bakso Selimut
jenis-bakso
Source: travelingyuk

Bakso selimut merupakan bakso yang di lapisi dengan adonan telur. Bakso selimut ini memiliki perpaduan rasa gurih dari daging serta telur. Bakso selimut ini cukup booming di Instagram.

Bakso ini di olah dengan cara memasukan sebuah bakso bulat serta telur kocok kedalam plastic yang kemudian di kukus/ di rebus. Harga yang di tawarkan bakso selimut inipun cukup terjangkau. Mulai dari Rp 15 ribu hingga 25 ribu saja per porsi.

  1. Bakso Hitam
jenis-bakso
Source: inilahtasik

Bakso hitam ini tak kalah viral dengan bakso lainnya. Karena warnanya yang berbeda dari bakso pada umumnya, maka bakso ini mampu menyita perhatian. Warna hitam dari bakso ini dihasilkan dari charcoal atau arang aktif.

Walaupun warnanya yang terlihat hitam pekat kurang menjanjikan, namun jangan salah. Bakso hitam yang memiliki kandungan arang aktif di dalamnya dinilai lebih sehat dari bakso biasa lho. Soal rasa pun anda jangan risau, karena bakso hitam ini memiliki rasa yang lezat.

  1. Bakso Spiral
jenis-bakso
Source: travelingyuk

Bakso unik ini berbentuk spiral yang menarik perhatian. Bakso ini di buat dengan cara memasukan adonan bakso pada cetakan silinder. Kemudian setelah bakso telah matang, Bakso pun akan di kerat sehingga membentuk spiral

Karena keunikan dari bentuk bakso inilah yang membuat bakso spiral popular dan banyak di gandrungi masyarakat. Bakso spiral memang layak untuk viral ya. Hihi

Jika anda pecinta bakso, tidak ada salahnya untuk mencicipi berbagai jenis bakso di atas. Atau anda pun bisa menjadikan bakso-bakso viral tersebut sebagai ide bisnis untuk berjualan bakso.

Selamat Mencoba

(Inke)