Manfaat Mesin Vakum Untuk Mengawetkan Makanan

manfaat-mesin-vakum

Manfaat Mesin Vakum – Pernahkah anda mencoba mengawetkan suatu produk makanan agar lebih tahan lama?. Mengawetkan makanan sudah dilakukan sejak jaman dulu. Biasanya makanan akan di awetkan dengan berbagai cara. Seperti di asinkan, di keringkan, dibekukan, hingga di asapi.

Namun hampir semua cara pengawetan diatas akan mengubah rasa asli dari si produk makanan. Apabila kita menginginkan produk makanan kita tidak berubah rasanya, anda memerlukan cara pengawetan yang lebih efisien.

Lalu bagaimana caranya? Anda memerlukan sebuah mesin vakum atau Vacuum machine untuk mengawetkan makanan. Dengan menggunakan mesin vacuum, produk makanan dapat lebih tahan lama. Selain itu, makanan yang di vakum akan lebih higienis.

Mesin vakum memiliki sistem kerja yang stimultan untuk menghisap seluruh udara yang ada dalam kemasan. Seperti yang kita tahu, udara dapat menjadi media penunjang pertumbuhan mikroorganisme atau bakteri pembusuk.

Beberapa mikro-organisme dapat berbahaya bagi manusia. Terlebih jika makanan yang terkontaminasi oleh mikroorganisme dari udara dikonsumsi maka dapat menyebabkan keracunan makanan.

Dengan adanya mesin vakum, maka kita tidak perlu khawatir lagi. Anda dapat menyimpan makanan lebih lama tanpa takut makanan menjadi busuk.

Mesin vacuum dilengkapi pula dengan sistem penyegelan yang kuat. Sehingga, setelah proses penghampaan dilakukan maka tahap selanjutnya adalah proses penyegelan. Penyegelan dilakukan agar tidak ada udara yang bisa masuk ke dalam kemasan.

manfaat mesin vakum yang seperti itu sangat di butuhkan bagi para pengusaha makanan, sebab jika tidak menggunakan mesin vakum makanan yang dijual akan mudah basi dan hal itu akan membuat para penjual rugi.

Terlebih lagi apabila penjual makanan tersebut berjualan dengan sistem online. Tentunya pengiriman produk makanan keluar kota akan sering di lakukan. Biasanya ekspedisi pengiriman ke luar kota membutuhkan waktu 2-3 hari untuk sampai di tujuan.

Maka apabila makanan yang memiliki daya ketahanan rendah, tentunya saat di perjalanan akan langsung basi. Hal ini tentunya merugikan, baik bagi penjual maupun bagi para pembeli.

Selain itu, mengemas produk makanan dengan menggunakan mesin vakum akan jauh lebih higienis dan terjamin kualitasnya. Anda tidak perlu risau makanan anda akan tercemar karena dengan penggunaan mesin vacuum, makanan anda akan terjaga dengan baik.

ketahanan-makanan

Jika di lihat dari table di atas, kita dapat melihat perbandingan yang cukup signifikan. Produk yang di kemas menggunakan mesin vakum akan lebih bertahan lama hingga 3x lipat.

Sebenarnya mesin vakum berguna untuk mengemas berbagai jenis makanan apapun. Bahkan mesin vakum dapat di gunakan untuk produk non pangan. Seperti bantal, merchandise, handuk, dan berbagai produk lainnya.

Proses pengemasan mesin vakum sangatlah singkat, yakni hanya memerlukan waktu beberapa detik saja tergantuk besarnya kemasan yang di gunakan.

Pengemasan dengan menggunakan mesin vacuum juga dapat membuat produk makanan terlihat lebih rapi. Sehingga Hal ini tentu akan membuat nilai jual produk makanan menjadi lebih tinggi.

Anda tidak perlu ragu untuk mencoba menggunakan mesin vakum. Apalagi, mesin vakum dapat menunjang penjualan anda. Tidak perlu khawatir soal harga mesin yang katanya mahal.

Karena mesin vakum memiliki berbagai jenis tipe yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan anda. Jika anda hanya memerlukan mesin vakum untuk kebutuhan rumah tangga, atau UKM dengan skala kecil tentunya anda dapat memilih jenis household vacuum sealer.

Namun jika penggunaan mesin vakum itu digunakan untuk produksi yang lebih tinggi, anda dapat menggunakan jenis mesin vakum yang lebih besar. Seperti Tipe HVC-260 T atau DZ-400/2E & DZ-500/2E.

Dan jika anda membutuhkan mesin vakum dengan skala produksi tinggi, sebaiknya anda menggunakan jenis vakum double chamber. Dimana mesin ini dapat bekerja secara efisien apabila di gunakan untuk industri.

Sebaiknya penggunaan mesin vakum disesuaikan dengan kebutuhan serta kapasitas produksi anda. Dan jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kondisi rumah produksi anda.

Semoga bermanfaat

 

(Inke)