Alasan mengapa kita harus menjadi wirausahawan selagi muda

Alasan mengapa kita harus menjadi wirausahawan

menjadi-wirausahawan

Banyak orang yang bercita-cita hidup berkecukupan tanpa harus terikat oleh waktu. Menjadi wirausahawan adalah solusi yang tepat untuk mencapai keinginan tersebut. Namun, kebanyakan orang masih takut untuk menjadi wirausahawan dan bertahan menjadi pegawai.

Padahal menjadi Pegawai baik itu Pegawai Swasta atau Pegawai Negeri ada batas maksimal gajinya. Misal pegawai negeri dengan golongan tertinggi ada aturan-aturan gaji pokok dan beberapa tunjangan dan fasilitasnya.

Meskipun seorang pegawai dapat menghasilkan laba milyaran rupiah bagi suatu perusahaan, kenaikan gajinya tidak akan sebanding dengan kenaikan laba perusahaan yang diperoleh. Selain itu kenaikan gaji terkadang tidak bisa mengimbangi kenaikan harga-harga kebutuhan hidup yang makin meningkat pesat.

Selain itu meski kita memiliki prestasi yang baik jika pendidikan kita tidak cukup tinggi maka akan sulit untuk mendapatkan gaji yang tinggi. Seorang Wirausaha bisa menentukan besarnya finansial secara tak terbatas.

Banyak orang bekerja pada orang lain hanya sebagai loncatan untuk mencari modal usaha dan modal relasi. Meski telah mendapatkan fasilitas yang bagus di perusaaan tidak jarang seorang dengan jiwa wiraswasta  keluar dan mengembangkan usaha sendiri dengan modal pengalaman bekerja.

Menjadi wirausahawan selagi muda memiliki beberapa keuntungan lho, berikut Wiratech rangkum khusus untuk anda.

  1. Fisik Yang Sehat
Source: Lazuardi Imani

Tidak bisa dipungkiri bahwa fisik yang sehat dan kuat mampu menunjang bisnis yagng sedang kita jalani. Jika kita memulai sebuah usaha selagi muda, maka fisik kita juga sedang sehat-sehatnya dan produktif dalam bekerja. Secara fisik pun akan lebih siap bersaing di dunia bisnis.

Tubuh yang sehat, stamina yang kuat serta gaya hidup yang sehat dapat membantumu untuk tetap tampil Fit. Dengan begitu, anda bisa tampil maksimal untuk melakukan segala hal termasuk dalam mengembangkan bisnismu mengantarkannya pada gerbang kesuksesan.

  1. Berani Berpikir Out of the Box

Sebagai seorang Wirausahawan, kita di tuntut untuk menjadi pribadi yang berpikir secara kreatif dan out of the box. Para wirausahawan cenderung ingin terus melakukan inovasi baru dan berpikir berbeda dari orang lain. Terutama apabila hal itu menyangkut dengan ide bisnis.

Tidak jarang ide bisnis para wirausahawan muda terkesan tidak masuk akal dan konyol. Namun, pemikiran konyol itulah yang mampu membuat perubahan dalam sebuah usaha. Selain itu berpikir out of the box berpotensi meraih kesuksesan lebih cepat.

  1. Memiliki Pergaulan yang luas
Source: rg-group

Tidak bisa di pungkiri memang relasi itu tidak bisa di dapat secara instan, Anda memerlukan waktu yang cukup lama untuk membangun sebuah relasi. Jika anda memulai usaha dan menjadi wirausahawan selagi muda, tentunya anda akan memiliki banyak waktu untuk membangun relasi yang luas.

Sebagai wirausahawan, anda harus membangun serta membina relasi anda dengan baik. Mereka tidak hanya sebagai partner bisnis, namun merupakan sahabat Anda dalam membangun usaha.

Namun tentunya membangun relasi bisnis memang tidaklah mudah. Akan tetapi anda dapat memulainya dengan cara yang sederhana  misal pemasaran lisan/Word of Mouth (WoM) oleh saudara/kerabat/keluarga dan dari merekalah bisnis Anda memiliki prospek berkembang dan jaringan yang luas.

  1. Memiliki semangat juang yang tinggi
Source: steemitimages

Salah satu alasan anda harus mencoba menjadi wirausahawan selagi muda adalah agar anda dapat memahami apa arti dari berujuang. Menjadi seorang pengusaha sukses diperlukan semangat dan mental yang kuat, serta daya juang yang tinggi.

Selama menjalankan usaha, anda akan menemukan banyak kendala, tantangan hingga pengalaman pahit manis yang mampu menjadikan anda lebih kuat dari sebelumnya. Dengan memulai berwirausaha sendiri akan membentuk karakter tahan banting pada dirimu.

Anda akan menghargai setiap hal yang anda hasilkan sendiri. Sehingga anda tidak akan menyia-nyiakan waktu dan uang yang anda hasilkan, sebab anda telah tau bagaimana rasanya berjuang.

  1. Tidak perlu menjadi karyawan
Source: salesforce

Jika anda saat ini adalah seorang mahasiswa, tentunya setelah lulus kuliah anda akan berfikir untuk mencari pekerjaan. Padahal saat ini, lapangan pekerjaan sangatlah sedikit. Bersaingan dalam industr kerja pun begitu ketat.

Selain itu, jika anda menjadi seorang karyawan,  Anda harus mengikuti ketentuan bos Anda. Anda tidak bisa seenaknya tidak masuk kerja dengan alasan apapun, kecuali sakit dan ada kepentingan pribadi yang sangat penting. Waktu yang Anda miliki pun terbatas dantidak bebas. Bahkan Anda bisa sering lembur hingga larut malam, sehingga Anda pun kekurangan waktu Anda untuk diri sendiri dan keluarga.

Namun, Jika anda menjadi seorang Wirausahawan, anda tidak perlu memikirkan hal ini. Karena Anda adalah bos dari usaha anda sendiri. Untuk menjadi sukses, anda tidaklah harus mempunyai pekerjaan yang penting tetap bekerja dan berusaha.

  1. Bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain
Source: smedia

Menjadi pengusaha tentunya dapat membuka lapangan kerja yang luas untuk orang lain. Dengan demikian, anda sebagai wirausahawan memiliki peranan dalam penggerakan perekonomian dan pembangunan nasional di Indonesia.

Selain itu, Untuk mengembangkan hasil kreativitas para wirausahawan tentunya membutuhkan tenaga kerja. Kebutuhan akan tenaga kerja yang semakin meningkat menunjukkan terbukanya kesempatan kerja bagi  masyarakat yang semakin besar.

Dengan demikian, terbukanya lapangan kerja baru dapat mengurangi jumlah pengangguran yang pada akhirnya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang ada di indonesia.

Jadi Bagaimana wirasob, Siapkah anda untuk menjadi wirausahawan selagi muda?! Kalau bukan sekarang, kapan lagi anda akan mencoba.

Semoga sukses 🙂

 

(Inke)